Kita semua telah melihat tajuk utama yang mengundang: “Ide Bisnis Rumahan yang Dapat Menghasilkan Jutaan”; “Ide Bisnis Rumahan Terpanas untuk Digunakan Sekarang!”; “Luncurkan Bisnis Rumahan yang Sukses dengan 10 Ide Bisnis yang Tidak Bisa Ditinggalkan Ini.” Daftar tajuk berita semacam itu tidak ada habisnya, diikuti oleh artikel-artikel yang Ide Bisnis Kecil membangkitkan minat pembaca untuk memulai usahanya sendiri dengan visi hasil “bahagia selamanya”.

Tetapi ide pertama yang harus saya sampaikan adalah bahwa membayangkan dan memimpikan bisnis rumahan hanyalah prasyarat menuju kewirausahaan yang sukses. Tindakan konstruktif harus mengikuti ide bisnis rumahan apa pun!

Ada begitu banyak calon wirausahawan Reseller Dropship yang tetap dalam keadaan imobilisasi yang konstan. Orang-orang seperti itu sering kali memiliki kecerdasan dan kreativitas, bahkan berpikir di luar kebiasaan, tetapi tetap terjebak dalam gagasan bahwa mereka tidak dapat mengejar usaha rumahan karena kendala waktu atau keuangan. Yang lain merasa tidak berdaya untuk mengambil tindakan karena mereka tidak tahu harus mulai dari mana. Memang, mereka tidak yakin tentang langkah apa yang harus diambil, mulai dari inspirasi dan kognisi ke produksi bisnis yang sebenarnya. Namun, calon wirausahawan lainnya harus menghadapi keterbatasan yang dipaksakan sendiri, percaya bahwa mereka adalah jiwa yang tidak mampu dan tidak kompeten yang tidak pantas mendapatkan keberuntungan. Ketakutan sering mendominasi pola pikir kolektif mereka karena ada banyak keraguan bahwa hasil dari setiap ide bisnis rumahan akan menjadi ide yang tidak menguntungkan.

Terlepas dari alasannya, menolak untuk tetap dalam keadaan imobilisasi. Jika Anda memiliki ide untuk bisnis rumahan, majulah! Tentu saja, setiap ide untuk usaha bisnis harus diteliti dan dievaluasi secara menyeluruh. Seseorang perlu mempertimbangkan persaingan, biaya, tenaga kerja dan waktu yang terlibat, metode dan prosedur bisnis yang diberikan, potensi pengembalian investasi dan sejumlah masalah lainnya. Pentingnya persiapan bisnis tidak bisa diremehkan. Namun, jika Anda menentukan bahwa ide itu layak dan memiliki manfaat setelah terlibat dalam penelitian yang mendalam (bahkan meminta saran dari para ahli), Anda berhutang pada diri Anda sendiri untuk menerapkannya.

Tetapi banyak orang yang ingin berhenti dari pekerjaan mereka dan menemukan bisnis rumahan ideal mereka mungkin tidak memiliki gagasan konkret tentang jenis perusahaan yang akan diluncurkan. Orang lain mungkin memiliki beberapa pemikiran yang membara tentang arah mana yang harus dituju, tetapi gagasan utama yang ada di dunia maya dalam pikiran mereka adalah bahwa mereka hanya putus asa untuk bekerja di rumah!

Agar ide bisnis rumahan tertentu dapat berkembang, mungkin seseorang harus terlebih dahulu mengeksplorasi minatnya sendiri. Apakah mungkin sebuah panggilan menjadi panggilan? Jika Anda bersemangat membuat perhiasan, misalnya, itu mungkin menjadi dasar dari bisnis perhiasan pemula yang berbasis rumah. Jika Anda seorang pecinta fotografi, fotografi dapat menjadi sarana untuk mendapatkan wirausaha.

Pemasar Internet yang sukses selalu menyuarakan pentingnya menemukan ceruk. Minat Anda mungkin mengungkap ceruk yang terbukti menguntungkan. Jika Anda dapat menyesuaikan hobi dan minat Anda untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar tertentu, Anda dapat dengan cepat menjadi makmur.

Pasar lokal bahkan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha yang menghasilkan uang. Pertimbangkan pengusaha rumahan yang membuat buletin komunitas gratis, menerima uang iklan. Orang lain mungkin merasa lebih kreatif dan menguntungkan untuk menjual peta perusahaan lokal, yang dirancang di atas tatakan yang disajikan oleh restoran tertentu. Bisnis yang terdaftar di peta membayar untuk disorot. Pikirkan tentang mereka yang telah membuat survei dan ulasan lokal (membandingkan restoran, hotel, dll.) dan menjual sumber daya di toko buku. Perhiasan dan fotografi, dalam contoh kita di atas, dapat menciptakan karya yang mencerminkan pengaruh lokal, dan dengan demikian, mendapatkan popularitas lokal. Sebagai contoh, saya memiliki seorang teman yang tinggal di Alaska yang merupakan seorang pematung dan fotografer. Dia memiliki kecintaan yang melekat pada alam dan alam bebas, dan menangkap hutan belantara Alaska dan berbagai bentuk satwa liar dalam karyanya. Kreasinya kemudian menarik perhatian dan dolar dari sesama penduduk Alaska.

Jelas, minat atau gairah di bidang tertentu harus disertai dengan sejumlah kompetensi atau keterampilan. Sulit, misalnya, untuk menjadi seniman yang sukses jika tidak tahu cara menggambar. Kemahiran tidak harus melekat; itu bisa dikembangkan. Tetapi seseorang harus memiliki pemahaman yang kuat tentang kemampuan, bakat dan, jangan mengecilkannya – potensinya. Seperti Carol Brady, ibu TV terkenal dari serial Brady Bunch pernah dengan bijak menyatakan, “Cari tahu apa yang terbaik yang Anda lakukan dan lakukan yang terbaik dengannya.”

(Saat mengembangkan pola pikir kewirausahaan — saat Anda mencoba menciptakan dan mendefinisikan ide bisnis rumahan Anda — terbukalah untuk semua sumber daya, termasuk pengaruh budaya populer seperti program televisi dan film. Memang, seperti yang dikatakan aktris Melanie Griffith dalam bukunya berperan sebagai Tess McGill dalam film, “Working Girl”: “Anda tidak pernah tahu dari mana ide-ide besar akan datang.”)

Sambil menjelajahi minat dan bakat Anda, karena Anda terbuka terhadap banyak kemungkinan dan peluang, pikirkan tentang angin kebutuhan masyarakat yang berubah dari waktu ke waktu. Apakah ada tren nasional atau lokal yang Anda amati? Apakah ada pasar yang berkembang? Apa saja kebutuhan mendasar yang dapat dipenuhi di tingkat lokal dan/atau nasional.

More From Author

+ There are no comments

Add yours